Sabtu, 24 Desember 2011


Kapan Merubah Latihan Anda

Seringkali, seorang bodybuilder akan menemukan suatu rutinitas (program) dan melekat padanya – bukan karena membawa hasil, namun karena menyenangkan, dan perubahan membutuhkan pemikiran. Namun merubah rutinitas Anda tidak hanya menandakan suatu lompatan ke tingkat yang lebih tinggi (misalnya, dari pemula ke tingkat menengah) tetapi juga merangsang otot-otot Anda dengan cara baru dalam menghasilkan pertumbuhan.

Kapan merubah latihan Anda, bagaimanapun, tidak dapat digeneralisasi (semua orang dianggap sama); genetik, sasaran-sasaran latihan, pengalaman sebelumnya, semangat, tingkat kekuatan sekarang, dan pengembangan pertumbuhan adalah semua faktor-faktor utama yang harus dipertimbangkan sebelum berpindah ke tingkat berikutnya.

Sebagai aturan, tetap pada program pemula Anda setidaknya untuk empat bulan. Latihan lebih lama pada tingkat ini pasti tidak akan mencederai Anda! Selama empat bulan itu, Anda pastilah telah mengembangkan bentuk latihan yang hebat dan telah menemukan alur latihan untuk tubuh Anda sendiri, memperkuat otot-otot dan jaringan ikat Anda, dan membentuk semua hubungan pikiran-otot yang penting untuk meningkatkan intensitas dan hasil-hasil yang lebih hebat.

Sekali Anda menjadi seorang kelas menengah, Anda akan memperhatikan sejumlah perubahan: latihan lebih sering dengan set-set yang lebih banyak dan beban-beban yang lebih berat, menggunakan prinsip-prinsip latihan intensitas-tinggi, meningkatkan penggunaan nutrisi dan supplemen, dan butuh lebih banyak istirahat.
Kemungkinan besar, Anda akan menginginkan penambahan sedikit gerakan-gerakan pembentukan, seperti dumbbell side laterals untuk otot deltoid, ke rutinitias Anda. Untuk seseorang yang ingin memperoleh massa otot, penekanan latihan seharusnya pada 90 persen gerakan-gerakan gabungan, artinya, latihan-latihan melibatkan banyak sendi yang membangun ukuran dan kekuatan, seperti squats dan rows, dan 10 persen gerakan-gerakan pembentukan-terisolasi, artinya, latihan-latihan sendi tunggal, seperti dumbbell concentration curls untuk kekuatan bisep. Ingat, Anda harus memiliki ukurannya sebelum Anda mulai memahat (membentuk) tubuh Anda!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar