Sabtu, 24 Desember 2011


Petunjuk Nutrisi – Bagaimana Cara Makan

Nutrisi yang benar bertanggung jawab terhadap setidaknya 50 persen atas keberhasilan Anda sebagai seorang bodybuilder. Tentu saja, Anda harus berlatih dengan penuh semangat dan cerdas dan beristirahat dengan cukup, namun jangan membuat kesalahan dengan memandang enteng peranan nutrisi yang benar dalam hal membuat penampilan dan perasaan tubuh Anda.

Pikirkan hal itu. Ketika Anda mengatakan Anda ingin menjadi lebih besar atau mengurangi bobot tubuh, Anda sebenarnya mencoba untuk mengontrol cara makanan mempengaruhi penampilan dan fungsi tubuh Anda. Benarkah? Jikalau latihan adalah suatu faktor yang utama, makanan adalah lebih penting lagi.

Mengetahui makanan apa untuk dimakan, kapan memakannya, berapa banyak dimakan, dan apa yang diminum adalah benar-benar penting untuk bodybuilding dan keberhasilan fitness Anda. Di sini ada beberapa petunjuk untuk diikuti:

1. Makan 4 sampai 6 makanan (porsi) kecil setiap hari. setiap tiga jam. Makanan kecil lebih gampang dicerna dan berhasil lebih tinggi dalam penyerapan nutrisi. Ini membantu memastikan bahwa tubuh Anda akan secara lebih efisien menggunakan nutrisi-nutrisi yang Anda makan.

2. Ingat aturan ½ / ⅓ - isi ½ piring Anda dengan karbohidrat dan  ⅓ dengan protein. Proporsi makanan ideal ini memastikan Anda mendapatkan kira-kira 50 persen kalori Anda dari karbohidrat, 35 persen dari protein, dan sisanya 15 persen dari lemak.

3. Pilih makanan Anda dengan hati-hati. Coba dapatkan karbohidrat dari sumber-sumber seperti nasi, sayuran, kacang-kacangan, lentils (miju-miju), biji-bijian, pasta, dan buah-buahan. Sumber-sumber protein yang baik termasuk ikan, ayam, kalkun, daging rendah lemak, dan produk-produk susu rendah lemak atau tanpa lemak. Jangan kuatir dengan menambahkan lemak pada diet Anda; namun, perhatikan untuk meminimalkan penggunaan lemak susu. Makan makanan dengan terlalu banyak lemak menyebabkan penampilan tubuh Anda bukan menjadi lebih baik.

4. Minum sedikitnya 10 gelas kapasitas 250 ml air setiap hari. Jangan mencoba meminum semuanya sekaligus, khususnya selama makan, karena air cenderung menetralkan enzim-enzim tubuh yang digunakan untuk menghancurkan dan mencerna makanan. Minum sepuasnya kira-kira 10 atau 15 menit sebelum makanan Anda, dan hanya minum sedikit-sedikit ketika makan. Ini akan membuat air terserap dengan pengenceran yang minimal oleh enzim-enzim pencernaan.

Anda mungkin kuatir bahwa minum terlalu banyak air akan membuat Anda jadi gembung – namun kenyataannya, hal yang sebaliknya yang terjadi. Ketika tubuh tidak diberikan air yang cukup, ia cenderung akan menahan cairan-cairan yang dimilikinya sampai lebih banyak air yang ditelan. Memberikan tubuh Anda cairan yang cukup sepanjang hari memberitahukan tubuh Anda bahwa tidak ada hal yang perlu dikuatirkan – yang lebih banyak akan segera datang.

5. Waktu yang terbaik untuk menambah atau mengisi kembali simpanan glycogen otot Anda dengan karbohidrat adalah segera setelah latihan Anda, ketika tubuh memiliki kemampuan yang meningkat untuk secara efektif menyimpan karbohidrat. Dapatkan 50 sampai 75 gram karbohidrat ke tubuh Anda persis setelah latihan dengan meminum segelas jus buah atau minuman pengganti karbohidrat.

6. Pemilihan waktu asupan protein segera setelah suatu latihan juga sangat penting untuk memulai pertumbuhan otot dan perbaikan. Kira-kira 75 menit setelah latihan Anda adalah waktu yang tepat untuk memberikan tubuh Anda suatu makanan protein. Coba makan setidaknya 40 sampai 55 gram protein berkualitas tinggi, dan Anda akan berhasil dalam membangun otot dan kekuatan.

7. Buat usaha yang sadar untuk menghindari makanan junk food dan fast food. Sesekali sih Ok. Masalah timbul ketika Anda memakannya terlalu sering. Walau makanan-makanan ini sangat mudah diperoleh dan lezat, mereka pasti mendatangkan malapetaka pada penampilan dan fungsi tubuh Anda. Makanan-makanan ini berisi semua jenis lemak, sodium, gula halus, bahan pengawet, dan zat-zat lain yang tidak akan berguna sedikit pun bagi keberhasilan bodybuilding dan fitness Anda.

Merubah kebiasaan makan Anda butuh disiplin. Adalah hal yang lebih gampang dari yang Anda kira sekali Anda menyadari bagaimana makan secara benar akan mempengaruhi penampilan dan perasaan Anda.

Para juara tahu bahwa nutrisi yang benar adalah penting bagi keberhasilan mereka. Anda akan mengetahuinya juga, sekali Anda mulai makan seperti para juara yang Anda tahu Anda sanggup. Mengikuti petunjuk-petunjuk sederhana yang baru saja saya berikan, saya tahu Anda akan kelihatan dan merasa hebat!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar