Sabtu, 24 Desember 2011


Otot-otot yang Anda Coba untuk Merubahnya

Semua otot tidak diciptakan sama.

Melatih dada, bisep, dan punggung Anda secara rutin mungkin adalah cara tercepat untuk memalsukan suatu tubuh yang kelihatannya telah terlatih semuanya. Namun jika tujuan Anda adalah memiliki suatu tubuh yang benar-benar terlatih untuk semuanya, Anda harus mencakup semua otot-otot utama Anda.

Seperti yang saya katakan sebelumnya, jika Anda mengabaikan kelompok-kelompok otot tertentu demi hal-hal yang lebih menyenangkan secara estetis (bagus dipandangnya), Anda dapat dengan mudah mengacaukan betapa efisiennya tubuh Anda membagi kerja dalam diri mereka. Hasilnya adalah suatu tubuh yang berakhir dengan menggunakan berlebihan otot-ototnya yang lebih lemah sementara kurang memanfaatkan otot-otot yang lebih kuat.

Kelelahan otot, rasa sakit, kehilangan stamina, dan cedera yang berlebihan hanyalah beberapa cara yang mungkin tubuh Anda alami karena pengabaian ini. Tetapi kerugian terbesar adalah tubuh Anda mungkin tidak akan berkembang ke potensi penuhnya.

Dari Depan (Dari Kepala ke Jempol Kaki)

Bahu (Shoulders)
  • Dikombinasi dengan tulang punggung yang terkembang dengan baik, sepasang bahu yang kuat dan lebar dapat membantu melebarkan tubuh bagian atas Anda, menciptakan ilusi dari pinggang yang lebih kurus. Mereka juga membantu otot-otot lain – khususnya Dada dan Punggung  dan Trisep – selama latihan-latihan berbeda yang melatih otot-otot itu.
  • Melatih otot bahu dapat mencegahnya dari keletihan dini, sehingga Anda dapat menghabiskan tenaga pada otot Dada dan Punggung Anda sepenuhnya demi pertumbuhan yang lebih.
Dada (Chest)

Bisep (Biceps)

Lengan Bawah (Forearms)
  • Tidak ada seorangpun yang memikirkan dua kali untuk menghabiskan banyak usaha untuk otot-otot kecil ini, sembari tetap berusaha mendapatkan latihan yang baik sementara banyak latihan-latihan yang membutuhkan suatu genggaman yang kuat. Namun jika Anda punya waktu, memfokuskan pada otot-otot kecil ini dapat membantu Anda mendapatkan lebih dari kebanyakan latihan yang mengolah otot-otot Punggung dan Bisep Anda. Hal ini karena mereka sama pentingnya dalam menghasilkan suatu genggaman yang kuat – kritis untuk semua gerakan-gerakan yang menarik dan melingkar/melengkung yang kebanyakan latihan-latihan Punggung dan Bisep perlukan.
Perut (Abdominals)

Pinggul (Hip Flexors)
  • Sekali pun mereka bukan benar-benar suatu kelompok otot yang dapat Anda lihat, mengembangkan mereka dapat membantu Anda mendapatkan lebih dari latihan-latihan lain yang populer yang mengolah kelompok-kelompok otot yang lain. Semakin kuat dan longgar Pinggul Anda, semakin gampang bagi mereka untuk membentangkan kaki Anda sejauh mungkin.
  • Hasilnya adalah suatu langkah yang lebih lebar yang dapat meningkatkan kecepatan Anda secara signifikan/berarti ketika berlari. Melatih penstabil-penstabil (stabilizers) kecil ini juga menjaga panggul Anda dalam penjajaran yang sempurna dengan punggung Anda ketika melakukan latihan-latihan Perut tertentu.
 Quadriceps
  • Memberikan perhatian yang cukup untuk otot-otot penyeimbang ini dapat menurunkan resiko Anda dari sakit lutut atau cedera yang berkembang. Jika mengurangi lemak adalah tujuan Anda, ini artinya waktu tambahan untuk bersepeda, berlari, atau berjalan bebas-cedera.
Dari Belakang (Dari Kepala sampai Tumit)

Trapesius (Trapezius)

Rhomboids

Lastissimus Dorsi (Lats)
  • Lats Anda adalah otot-otot belakang Anda yang paling besar, jadi membentuknya bisa membuat perbedaan yang besar dalam cara penampilan Anda dari belakang. Membangun otot-otot ini dapat memberikan punggung Anda suatu penampilan yang lebih lebar dan berkembang yang melancip ke bawah ke pinggang Anda, menciptakan suatu bentuk V simetris yang membuat tubuh Anda kelihatannya lebih kecil pada pusatnya.
Otot-otot Belakang Bagian Bawah (Lower-Back)
  • Otot-otot Erector Spinae menyokong tulang belakang secara kontinu/terus-menerus untuk memperbaiki postur Anda ketika Anda berjalan, berlari, atau melakukan latihan apa pun yang membutuhkan suatu punggung yang lurus, membuat mereka lebih kuat dan juga membiarkan mereka menyamarkan perut Anda yang melorot.
  • Berdiri tegak dan memegang perut Anda memerlukan otot-otot yang kuat dan elastis sepanjang tulang belakang hingga tulang belakang bagian bawah. Semakin kuat otot-otot ini, semakin mudah bagi mereka untuk menjaga punggung Anda tetap tegak sepanjang hari.
Trisep
  • Kebanyakan orang-orang yang ingin mengembangkan lengan mereka menghabiskan semua usaha mereka pada bisep mereka. Bagaimana pun, Trisep Anda menyusun lebih dari 60 persen dari otot di lengan bagian atas Anda, yang berarti mereka sebenarnya lebih layak mendapatkan lebih dari perhatian Anda.
  • Mengembangkan Trisep Anda pada potensi penuh mereka dapat juga memberikan Anda kekuatan lebih selama latihan di mana mereka membantu otot-otot lain, termasuk banyak latihan-latihan yang menggunakan otot-otot dada dan bahu Anda.
Gluteals

Hamstrings

Betis (Calves)
  • Kebanyakan orang cenderung melupakan otot-otot ini, namun kaki bagian bawah Anda – sepanjang dengan lengan-lengan Anda – adalah khususnya satu dari kelompok-kelompok otot Anda yang paling terbuka. Memberikan perhatian yang mereka layak dapatkan dapat menghindari kaki Anda dari kelihatan terlalu kurus ketika Anda memakai celana pendek.
  • Banyak latihan-latihan yang menargetkan Quadriceps juga melibatkan Calves Anda. Memperkuat mereka dapat menghindari mereka dari keletihan terlalu cepat, agar Anda dapat melatih Quadriceps lebih lama untuk hasil yang lebih cepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar